Thursday 12 February 2015

SEKILAS TENTANG SMK FADLUN NAFIS BANGSRI



SEKILAS TENTANG
SMK FADLUN NAFIS BANGSRI JEPARA
A. PENDAHULUAN
SMK Fadlun Nafis (FN) Bangsri Jepara merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dikelola Yayasan Fadlun Nafis Bangsri. SMK FN mulai beroperasi pada Tahun Pelajaran (TP) 2014/2015. Selain SMK FN, Yayasan FN yang berdiri pada 2013 juga mengelola PAUD FN (mulai 2013), Madrasah Diniyah (MADIN) dan Pondok Pesantren (PONPES) (mulai 2014).
SMK FN ini didirikan selain untuk memberikan kesempatan beraktualisasi kepada tenaga pendidik di lingkungan Kecamatan Bangsri, juga untuk menambah pilihan jurusan. Jurusan yang ada di SMK FN ini adalah yang pertama di Kecamatan Bangsri, yaitu Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) dan jurusan Farmasi.
Pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) TP 2014/2015, SMK FN atau juga bisa disingkat ESFANABA (SMK Fadlun Nafis Bangsri Jepara) mendapat kepercayaan dengan menerima peserta didik sebanyak 117 siswa siswi. Dari total jumlah itu, pada jurusan  Farmasi ada 77 siswa-siswi dan pada jurusan TPHP ada 40 siswa-siswi.
B. PRODUK SMK FN
Dalam perjalanan SMK FN yang masih seumur jagung ini, peserta didik sudah dibekali pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, peserta didik juga sudah diajak membuat sejumlah produk. Pada jurusan TPHP, produk yang sudah dihasilkan adalah the rosella, sirup rosella, soft drink, camilan, dan beragam camilan. Adapun pada jurusan Farmasi ada produk serbuk jahe merah, temulawak, kunir asem, dan lilin aroma terapi.
Pembuatan produk itu merupakan hasil kerja bersama dewan guru dan peserta didik. Upaya itu masih belum maksimal karena ketersediaan alat pada laboratorium masih sangat terbatas. Ke depan, ketika ketersediaan alat semakin lengkap, peserta didik diharapkan bisa semakin banyak membuat produk. Bantuan dari berbagai pihak untuk menambah peralatan sangat kami harapkan.
C. SARANA dan PRASARANA
Peserta didik SMK FN menempatati lahan sekitar 1,5 hektare. Bangunan yang sudah tersedia, adalah tiga ruang kelas, dua gedung laboratorium pada sisi timur lapangan adalah untuk TPHP, sedangkan sisi utara lapangan untuk Farmasi. Pada bangunan serba guna yang ada di dekat pintu gerbang saat ini ditempati untuk PAUD FN paa pagi hari dan MADIN FN pada sore hari.
Selain itu, ada juga musola untuk mengajak peserta didik untuk meningkatkan aspek spiritual. Sebab, di SMK FN ini, selain mendorong anak untuk terampil juga mendorong anak untuk taat beribadah dengan mengajak Shalat Dhuha bersama dan Shalat Dhuhur berjamaah.
Ketersediaan bangunan itu, masih jauh dari sempurna. SMK FN dan Yayasan FN secara umum masih butuh dukungan banyak pihak untuk menambah sarana yang ada. Beberapa di antaranya adalah masih perlu penambahan ruang kelas baru, ruang perpustakaan. Ruang multimedia yang repesentatif.
Selain itu, juga perlu ada tambahan untuk bangunan pesantren. Sebab, ketersediaan rumah yang ada masih belum mampu menampung minat peserta didik yang ingin di masuk ke pesantren. Dengan adanya pesantren, diharapkan peserta didik bisa lebih maksimal karena jam kegiatan termasuk belajar bisa dikontrol. 



No comments:

Post a Comment