Wednesday 25 February 2015

Daun Blimbing Wuluh Hasilkan Energi Listrik (SMK FADLUN NAFIS)

Jepara, 25/02 (BeritaJateng.net) –Kandungan asam pada daun Blimbing Wuluh ternyata bisa menghasilkan energi listrik. Hal itu terbukti dari hasil penelitian siswa SMK Fadlun Nafis Bangsri.
Kandungan asam yang tinggi pada daun Belimbing Wuluh mendorong sejumlah para siswa SMK Fadlun Nafis dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.
Dalam penelitian tersebut, para siswa menggunakan cara sederhana, yakni mengganti Arang Karbon dalam batu baterai dengan daun Belimbing Wuluh.
Daun Belimbing Wuluh yang digunakan adalah daun yang masih muda karena memiliki kandungan asam yang masih utuh.
Daun yang telah dipetik kemudian ditumbuk hingga halus. Timbang daun belimbing wuluh yang telah halus sesuai berat Arang Karbon yang dibuang yakni sekitar 4 gram.
Arang karbon di dalam batu baterai berukuran aa atau kecil yang sudah habis energi listriknya, dikeluarkan hingga bersih.
Setelah itu, 4 gram daun Belimbing Wuluh yang telah ditumbuk halus dimasukan dalam baterai untuk menggantikan arang karbon.
Plaster hingga rapat baterai yang telah diisi tumbukan daun belimbing wuluh. Untuk menguji energi listrik yang terkandung dalam baterai, digunakaan multimeter dan juga lampu led.
Asifatun Hidayah, satu dari siswa yang turut dalam penelitian mengatakan, tegangan yang dihasilkan dari 4 gram daun Belimbing Wuluh tersebut ternyata sama dengan baterai baru.
Namun demikian, dalam penelitian kali ini belum bisa diketahui berapa lama kekuatan listrik bisa bertahan.
“Dalam analisa ini, kami hanya ingin membuktikan adanya energi alternatif yang dihasilakan dari daun Belimbing Wuluh,” jelas Asifatun.
Dari analisa siswa, jika Peroksida bereaksi dengan Asam Format dan Sulfur, maka akan menghasilkan Asam Sulfat. Sifat Asam Sulfat yang berelektrolis kuat, dapat menghasilkan arus listrik yang baik.
“Kami sempat baca dari internet, berdasarkan elektroitsavolta tumbuhan bermasam akan menghasilkan arus listrik. Kami mencoba bagaimana batu baterai yang telah habis nergi listriknya bisa bermanfaat kembali. Kami memilih daun Belimbing Wuluh yang memiliki kadungan asam tinggi,” tambah Asifatun. 
Kepala Sekolah SMK Fadlun Nafis, Akhmad Efendi, S.Pd.I berharap, meski terbilang belum praktis, hasil penelitian ini bisa berlanjut sehingga bisa dimanfaatkan sebagai energi listik alternatif yang ramah lingkungan.
“Kami sangat bangga dengan hasil penelitihan para siswa ini. Mudah-mudahan penelitihan mereka bisa berlanjut sehingga benar-benar amenjadi energi alternatif yang bermanfaat bagi masyarakat,” harap Efendi.
Selain Asifatun Hidayah, penelitian tersebut diikuti tiga rekan siswa lainnya, yakni Aghnia Norfa Nafisah, Desi Wulan Sari, serta Yusuf Alfianto.
Penelitian tersbut juga telah memberi nama harum sekolah, karena mendapat penghargaan sebagai juara pertama  dalam kompetisi karya tulis University Expo tingkat Kabupaten Jepara. (BJ18)

 Sumber : http://beritajateng.net/berita-jateng-terbaru-hari-ini/daun-blimbing-wuluh-hasilkan-energi-listrik/15784




No comments:

Post a Comment